header ads

Tahukah kamu? Bahwa bintang di galaksi lebih banyak dari pada pasir di pantai seluruh dunia

Tahukah kamu..? Bahwa bintang di galaksi lebih banyak dari pada pasir di pantai seluruh dunia
Galaksi Bima sakti Merupakan tempat bumi & tata surya berada • Dalam bahasa Inggris disebut Milky Way -Asal Nama Kata Bima Sakti berasal dari tokoh Tentang Bima Sakti pewayangan, Bima, karena orang Jawa Kuno melihat susunan bintang di angkasa jika ditarik garis membentuk karakter Bima dililit naga Berjari-jari sekitar 129 ribu tahun cahaya & tebalnya sekitar seribu tahun cahaya Berbentuk seperti cakram (jika dilihat dari samping) & seperti spiral (dilihat dari atas) Disebut milky way karena bentuknya seperti bercak susu putih di angkasa yang gelap Di pusat galaksinya diperkirakan terdapat supermassive black hole


TAHUKAH KAMU? 
Galaksi terdiri dari bintang, gas, debu, & benda langit lainnya terikat oleh sebuah sistem gravitasi yang sama Galaksi Bima Sakti terdiri dari sekitar 100-400 miliar bintang, banyak yang lebih besar & tua dibandingkan matahari.
Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dulu metode menghitung jumlah bintang di alam raya. Kita bisa memakai pendekatan yang dilakukan Gerry Gilmore, astronom dan guru besar di Universitas Cambridge, Inggris, yang terlibat dalam proyek Gaia, yang antara lain memetakan langit dan menghitung jumlah bintang di Bima Sakti, galaksi tempat kita berada. Dari data yang dikumpulkan, tim Gaia menyusun model tiga dimensi Bima Sakti untuk menentukan jumlah bintang di galaksi ini.

Gilmore mengatakan berdasarkan data pertama, ada sekitar dua miliar bintang di Bima Sakti. "Itu sekitar 1 persen dari total bintang di galaksi ini," kata Gilmore kepada BBC. Berdasarkan data ini, 1 persen setara dengan dua miliar bintang. Maka, jumlah keseluruhan bintang di Bima Sakti bisa jadi ada 200 miliar bintang. "Bima Sakti adalah satu dari beberapa jenis galaksi yang kita kenal. Hampir semua galaksi di alam raya ini memiliki jumlah bintang yang kira-kira sama dengan jumlah bintang yang ada di Bima Sakti," kata Profesor Gilmore.

Kalau kita bisa memperkirakan jumlah galaksi, maka kita bisa memperkirakan jumlah total bintang di jagat raya. Gilmore menjelaskan, untuk mengetahui galaksi yang sejenis dengan Bima Sakti, kita harus memahami seberapa cerah galaksi tersebut. Apakah mirip dengan Bima Sakti atau berbeda sama sekali tingkat kecerahannya. "Untuk menentukannya, kita harus tahu jarak ke galaksi. Ini bisa ditentukan dari pemahaman kita tentang perluasan alam semesta, yang bisa disebut dengan hukum Hubble," urai Gilmore. Jadi, berapa jumlah bintang di alam raya ini? Ingat, bahwa Bima Sakti punya sekitar 200 miliar bintang. Kita ambil saja bahwa rata-rata satu galaksi punya 100 miliar bintang. Dengan demikian, jumlah bintang di alam semesta ini, setidaknya adalah 100 miliar dikalikan 100 miliar, hasilnya 10.000.000.000.000.000.000.000, satu diikuti oleh 22 nol. Setidaknya ada 10 sextillion bintang di alam ini.

Semoga artikel menambah pengetahuan kita sebagai mahluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna dari pada yang lain
Related Posts

Related Posts

Post a Comment