header ads

Tahukah kamu..jika roda pesawat terbang yang kecil mampu menahan beban

Tahukah kamu..!! Jika roda pesawat terbang yang kecil mampu menahan beban
Mungkin kalian tahu dan pernah menaiki kendaraan burung besi satu ini, yaitu pesawat terbang. Tapi tahukah kamu..!! Jika
Pesawat terbang di pilih karena lajunya di udara yang cepat dan juga bisa mengangkut banyak barang dan orang. Namun pernahkah kamu berfikir mengapa pesawat yang sebegitu besar dan berat dapat berdiri di atas roda yang kecil? Tentu itu ada alasan nya. Roda pesawat dari proses pembuatan dan bahan nya sangatlah jauh berbeda dari ban mobil yang biasa anda gunakan.


Bagaimana bisa roda pesawat bisa menahan beban berat yang bisa mencapai 500 ton dari pesawat, padahal roda mobil pun yang hanya mengangkut beberapa ton saja bisa kempes. Kekuatan ban pesawat ada dibagian tali nilon dan polimer sintetik yang disebut Aramid. bahan itu akan di buat berlapis- lapis sampai kurang lebih 16 lapisan. Satu ban harus mampu menahan 4x tekanan beban utama setidaknya selama 3 detik. dan menyesuaikan putaran

dengan kecepatan pesawat agar ban tak meletus. Melihat nya saja kita sudah tahu jika harganya juga tak main-main, satu ban ukuran kecil saja harganya 5 juta rupiah, bahkan dengan kualitas lebih bagus bisa mencapai 20 juta rupiah per unit. Sebagai contoh satu unit ban milik pesawat Airbus A380 yang seharga 70 juta rupiah. Dan harus di ganti setiap 500 kali pendaratan untuk mencegah meledaknya ban.

Selain itu pesawat besar ini menggunakan setidaknya 22 ban untuk jaga-jaga jika salh satu ban meledak. Goodyear, Michelin, Dunlop dan Bridgestone merupakan produsen ban sekaligus membuat ban pesawat ini. Sebagai tambahan roda pesawat masih menggunakan ban dalam seperti kendaraan lainya, bedanya hanya lapisan nya yang tebal dan kuat.
Related Posts
Newest Older

Related Posts

Post a Comment